BERITA

07
NOV
2018
Musim Penghujan, Dinkes Bondowoso Imbau Masyarakat Lakukan PSN
  • Administrator

BONDOWOSO – Memasuki musim penghujan, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso, dr. Titik Erna Erawati, mengimbau agar warga masyarakat melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

Perempuan yang akrab disapa dr Tititk ini menjelaskan bahwa PSN itu melalui 3M Plus, yiatu menguras, mengubur, dan menutup.

“Plusnya itu, bisa menggunakan abate, memelihara ikan di kolam, kemudian bisa memakai kelambu, untuk mencegah penyakit yang disebabkan melalui nyamuk,” katanya, di sela-sela pertemuan koordinasi triwulan Program Pelaksanaan Baduta 2.0 Kabupaten Bondowoso, di Ballroom Hotel Ijen View, Selasa (6/11/2018).

Terkait penyakit lain, lanjut dia, seperti diare maupun batuk, dia meminta masyarakat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi gizi seimbang, serta aktivitas fisik minimal 30 menit sehari.

Selain itu, kata dia, masyarakat dianjurkan konsumsi sayur dan buah serta cek kesehatan secara rutin dan berkala.

“Kemudian yang harus tidak kita lupakan, membuang sampah pada tempatnya. Karena kalau musim hujan, ada diare, belum lagi batuk, cacingan dan demam,” pungkasnya.

Beberapa hari terakhir, Bondowoso sudah mulai diguyur hujan dan nyamuk mudah berkembang pada musim penghujan ini. Maka dari itu, dr. Titik mewakili Dinkes Bondowoso mengimbau agar warga melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

Galeri Kegiatan