BERITA

02
JUL
2020
BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI ONLINE BERBASIS WEB SIMPAD hari ke 2
  • zuhair

SIMPAD adalah suatu aplikasi online hasil pengembangan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bondowoso yang berbasis web yang diperuntukkan untuk mengelola dan melaporkan Pajak dan Retribusi Daerah serta Pendapatan Asli Daerah lainnya yang menjadi tugas pokok dan fungsi Bapenda beserta OPD Penghasil lainnya.

Untuk meningkatkan pemahaman tentang aplikasi online SIMPAD tersebut, maka Bapenda melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek). Bimbingan Teknis Aplikasi Online Berbasis Web Sistem Informasi Manajemen Pendapatan Asli Daerah (SIMPAD) yang diikuti oleh Bendahara Penerimaan dan Operator pada 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Penghasil di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso dilaksanakan selama 2 hari, yaitu dari tanggal 29 s/d 30 Juni 2020 bertempat di ruang rapat Bapenda Kabupaten Bondowoso.

Bimbingan Teknis (Bimtek) dibuka oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bondowoso  dilanjutkan pengarahan oleh Kepala Bidang Pajak dan Retribusi. Selanjutnya pemaparan agenda bimtek oleh Kepala Sub Bidang Pengelolaan Data dan Potensi.

SIMPAD diterapkan kepada Bapenda dan seluruh OPD Penghasil yang berguna untuk melaporkan penerimaan selain pajak daerah secara online kepada Bapenda. SIMPAD mulai diimplementasikan setelah pelaksanaan Bimtek. Dengan adanya aplikasi online SIMPAD ini mempermudah rekonsiliasi antara Bapenda dengan OPD Penghasil dan laporan realisasi penerimaan PAD bisa dilihat secara real-time, sehingga mempermudah pengambilan kebijakan yang berhubungan dengan pendapatan daerah.

Galeri Kegiatan